Saya ikutan event ini hanya karena ingin punya stiker gratis. Soalnya bosan dengan koleksi stiker yang saya punya. Nah, karena saya tahu ini cukup sesat secara ilmiah, jadi saya ingin mengimbanginya dengan beberapa paragraf lain yang (semoga saja) membebaskan pikiran kita dari logika mistis. Paragraf-paragraf berikutnya akan membahas penjelasan mengenai reaksi netizen terhadap hal-hal seperti Lucky Buddy LINE ini.

Mengapa penjelasan tidak saintifik yang ada pada event Lucky Buddy ini masih dapat diterima oleh sebagian orang? Sejauh ini, saya menemukan dua hal yang saya rasa relevan untuk menjawab pertanyaan ini yaitu Barnum/Forer Effect dan Subjective Validation.

Barnum/Forer Effect terjadi pada saat seorang individu menganggap deskripsi kepribadian yang sudah dirancang spesifik untuknya sebagai deskripsi yang akurat, padahal kenyataannya deskripsi tersebut cukup general dan berlaku untuk sebagian besar orang. Familiar? Harusnya sih familar. Banyak kok kejadian di akun-akun official sesat yang oplahnya tinggi. Golongan darah tuh banyak.

Sedangkan Subjective Validation adalah sebuah bias kognitif dimana seseorang akan menganggap sebuah informasi itu benar, karena terdapat arti personal atau signifikansi terhadapnya. Bisa dibilang, ini terjadi pada saat kita nyocok-nyocokin imej yang kita punya atas diri sendiri terhadap suatu penjelasan. Padahal tidak ada hubungan langsung atau korelasi kuat antara keduanya. Kita aja yang nyocoklogiin.

Kedua pendekatan ini dapat menjelaskan sebagian alasan mengapa sampai sekarang masih ada yang percaya penjelasan dari Lucky Buddy, kepribadian berdasarkan golongan darah, tes Myers-Briggs Type Indicator, padahal penjelasan-penjelasan tersebut tidak valid dan reliable apabila ditinjau menggunakan metode ilmiah.

Jadi semisal kamu yang baca tulisan ini menyadari pikiran kamu atau teman-teman kamu seperti ini:

"Anjir gue banget nih ENTP."

"Kok ekstrovert sih hasilnya? Perasaan gue introvert. *Dicoba lagi* *Hasilnya introvert karena pengen hasilnya itu secara tidak sadar*"

"Wah goldar O emang gue banget sih"

"Njir kok pas banget sih Lucky Buddy LINE gue disuruh olahraga, emang lagi gendutan.."

"Aquarius orangnya kalem? Wah iyasih gue mayan kalem gitu."

Coba dikurang-kurangi aja ya. Kadang ada penjelasan yang membuat hidup kita terganggu loh. Walaupun biasanya kita cenderung nyari yang baik untuk dicocoklogiin, tapi kalau keterusan bisa-bisa kena sugesti yang jelek juga. Hati-hati mas mbak.

Yah, semoga saja sugesti sesat seperti ini tidak mengganggu kehidupan kita semua. Masa saya merasa tren seperti ini nggak berkurang signifikan sih sejak saya melihat ada tulisan di LINE yang serupa dengan tulisan ini? Tolonglah :(

Reynaldi Satrio Nugroho