Bangsat kamu! Anying lu njing! Asu kabeh bajingan bajirut kebo blenger jiancuk wedhus gembel! Babi emang lu!

Pisuhan atawa umpatan kerap kali timbul di dalam conversation kita sehari-hari. Entah kenapa umpatan bisa menjadi budaya. Seakan umpatan menjadi bagian hidup terutama untuk pemuda dengan semangat emosi yang sangat tinggi hingga langit ketujuh. Dan saya bingung kenapa kata-kata umpatan tersebut bisa menjadi umpatan.

Mengapa kita harus mengumpat dengan nama binatang? Kan kasihan asu, iya ga suw? Dalam umpatan jawa asu adalah umpatan yg anaknya banyak: huasyu, oasui, wasyu, wasew dan wasyeng. Coba kamu jadi asu, kamu mau ga disebut2 terus tapi jadi konotasi jelek. Bayangkan jika mereka bisa berpikir, pasti mereka akan sakit hati.

Seakan2 ini merupakan representasi dari hegemoni dari ketinggi hati an manusia karena mengangap dirinya adalah mahluk paling sempurna sehingga bisa berbuat seenaknya.

Mengapa manusia tidak menciptakan saja umpatan khusus dalam bahasa? Kenapa mereka hanya asal comot dari yang sudah ada? Memang pencipta bahasa semua berotak waras, berakal jernih dan alim nan religius. Ga kaya keturunannya yang kurang kerjaan. Dalam bayangan saya orang purba erectus dan sejenisnya tidak memiliki umpatan. Gimana mau mengumpat kan ga ada bahasa? Sepertinya belum ada yang meneliti sejarah umpatan bagaimana peradaban membentuk manusia untuk mengumpat.

Bahwa manusia merasa paling cerdas menjadikan mereka mempunyai ego. Membentuk bahwa jika mengatakan sesuatu jelek yang terjadi dengan kata dari yang bahasa mereka merupakan binatang menunjukkan bahwa tidak ada kreatifitas pola pikir dalam menentukan apa yang terucap. Kenapa kita ingin berkata kasar menggunakan binatang? Karena mereka lebih hina? Karena kita penguasa alam? Goblok sih kalo kita merasa paling berkuasa.

Gue berpikir amit2 besok kita ditindas alien, dan mereka mengumpat dengan berkata manusia lu emang! Goblok kaya manusia. Yah prinsip saya adalah memahami dari semua sudut pandang, terutama dari si korban yang dalam kasus ini anjing.

Asu. Dibalik jadi?

nb: padahal anjing itu imut low :3